Image of Statistika untuk Penelitian (2007)

Teks (Text)

Statistika untuk Penelitian (2007)



Salah satu ciri penelitian kuantitatif adalah menggunakan statistik. Kegunaan statistik dalam penelitian bermacam-macam, yaitu sebagai alat untuk penentuan sampel, pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, penyajian data, dan analisis data. Analisis data lebih difokuskan untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis penelitian yang diajukan.

Para calon peneliti sering takut melakukan penelitian dengan metode kuantitatif, karena merasa sulit menggunakan statistik. Padahal sebenarnya tidak, asal difahami jenis data dan bentuk hipotesis yang akan diuji. Oleh karena itu, untuk memilih teknik statistik yang akan digunakan dalam pengujian hipotesis, maka pertama-tama harus difahami terlebih dulu jenis data yang akan dianalisis dan bentuk hipotesis yang diajukan.

Jenis data dalam penelitian meliputi data nominal (diskrit), ordinal, interval dan ratio. Selanjutnya bentuk hipotesis penelitian adalah deskriptif (hipotesis untuk satu variabel atau lebih secara mandiri), komparatif (perbandingan du sampel maupun k sampel) dan asosiatif (hubungan antara dua variabel atau lebih). Dalam hipotesis komparatif terdapat sampel yang berkorelasi dan sampel independen. Setelah jenis data dan hipotesis dapat dirumuskan, maka tinggal menentukan teknik statistik yang digunakan. Statistik yang digunakan meliputi Statistik Parametris dan Nonparametris. Statistik parametris digunakan untuk menganalisis data sampel besar, data bersitribusi normal yang berbentuk interval dan ratio, sedangkan Nonparametris digunakan untuk menganalisis data sampel kecil, tidak harus berdistribusi normal dan data berbentuk nominal dan ordinal.

Pada penerbitan ke tiga buku ini, terdapat materi yang baru yaitu Path Analysis (Analisis Jalur) dan Structural Equation Modeling (SEM) atau Pemodelan Persamaan Struktural.

Dengan adanya komputer, maka cara-cara penyajian data dan perhitungan dalam analisis akan lebih mudah dilakukan, bisa menggunakan program Excel atau SPSS.


Ketersediaan

000144c2519.5 Sug s c.2(2007)Statistika - Deskriptif, Parametrik, Non Parametrik (Perpustakaan Kampus II)Tersedia
000144c4519.5 Sug s c.4(2007)Statistika - Deskriptif, Parametrik, Non Parametrik (Perpustakaan Kampus II)Tersedia
000144c3519.5 Sug s c.3Statistika - Deskriptif, Parametrik, Non Parametrik (Perpustakaan Kampus II)Tersedia
000144c1519.5 Sug s c.1 (2007)Statistika - Deskriptif, Parametrik, Non Parametrik (Perpustakaan Kampus II)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Reserve (Cadangan)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
519.5 Sug s
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xxvi, 390 hlm.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-8433-10-8
Klasifikasi
(519) Matematika
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this