Image of Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ

Teks (Text)

Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ



Buku Menggemparkan yang Mendefinisikan Ulang Apa Arti Cerdas

Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ

Apakah IQ adalah takdir? Ternyata tidak sebagaimana yang lumrah kita pikirkan. Gardner memperlihatkan mengapa orang yang ber-IQ tinggi mengalami kegagalan dan orang yang ber-IQ sedang menjadi sangat sukses. Penyebabnya adalah “kecerdasan emosional”, yang mencakup kesadaran diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati, serta kecakapan sosial.

Kecerdasan emosional merupakan ciri orang-orang yang menonjol dalam kehidupan nyata: mereka yang memiliki hubungan dekat yang hangat dan menjadi bintang di tempat kerja. Ini juga ciri utama karakter dan disiplin diri, altruisme, serta belas kasih—kemampuan-kemampuan dasar yang dibutuhkan bila kita mengharapkan terciptanya masyarakat yang sejahtera.

Sebagaimana ditunjukkan oleh Goleman, kerugian akibat rendahnya kecerdasan emosional dapat berkisar dari kesulitan perkawinan dan mendidik anak hingga ke buruknya kesehatan jasmani. Rendahnya kecerdasan emosional dapat menghambat pertimbangan intelektual dan menghancurkan karier. Barangkali kerugian terbesar diderita oleh anak-anak, yang mungkin bisa mengalami depresi, gangguan makan dan kehamilan yang tak diinginkan, agresivitas, serta kejahatan dengan kekerasan.

Kabar gembiranya, kecerdasan emosional tidak ditentukan sejak lahir. Karena pelajaran-pelajaran emosional yang diperoleh seorang anak akan membentuk sirkuit otaknya, Goleman memberikan pedoman mendetail tentang bagaimana orangtua dan sekolah dapat memanfaatkan kesempatan emas masa kanak-kanak itu dengan sebaik-baiknya.

“Akhirnya, muncullah buku tentang psikologi yang memberi kedudukan yang setara bagi kecerdasan emosi. Baru sekarang hasil dari bakat menulis Dan Goleman yang terkenal itu disebarluaskan secara efektif. Buku yang penting dan layak dibaca.” —Howard Gardner, Graduate School of Education, Harvard University—


Ketersediaan

005410c1152.4 Gol e c.1Psikologi (Perpustakaan Kampus II)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Reserve (Cadangan)
005410c2152.4 Gol e c.2Psikologi (Perpustakaan Kampus II)Tersedia
005410c3152.4 Gol e c.3Psikologi (Perpustakaan Kampus II)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
152.4 Gol e
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 483 hlm.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-03-2313-8
Klasifikasi
152.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Cetakan 25
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this